Saturday 28 February 2015

Pengertian tentang SIG (Sistem Informasi Geografi)




Home

Secara umum pengertian SIG sebagai berikut:
Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan  sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan,  menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi,  mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis  geografis ”.
Definisi SIG selalu berkembang, bertambah dan bervariasi.
Hal ini terlihat dari banyaknya  definisi SIG yang telah beredar. Selain itu, SIG juga merupakan suatu bidang kajian ilmu  dan teknologi yang relatif baru, digunakan oleh berbagai disiplin ilmu, dan berkembang  dengan cepat. Berikut merupakan sebagian kecil dari definisi-definisi SIG yang telah  beredar diberbagai pustaka:
1. SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan (capturing),  menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa dan  menampilkan data-data yang berhubungan dengan posis-posisi dipermukaan bumi  [Rice20].
2. SIG adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang  memungkinkan untuk mengelola (manage), menganalisa, memetakan informasi spasial  berikut data atributnya (data deskriptif) dengan akuasi kartografi [Basic20].
3. SIG adalah sistem yang berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan  dan memanipulasi informasi-informasi geografi. SIG dirancang untuk mengumpulkan,  menyimpan dan menganalisa objek-objek dan fenomena dimana lokasi geografi  merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. Dengan demikian, SIG  merupakan sistem komputer yang memiliki empat kemampuan berikut dalam menangani  data yang bereferensi geografi: (a) masukan, (b) manajemen data (penyimpanan dan  pemanggilan data), (c) analisis dan manipulasi data, (d) keluaran [Aronoff89].
4. SIG adalah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data,  manusia (brainware), organisasi dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan,  menyimpan, menganalisa dan menyebarkan informasi mengenai daerah-daerah  dipermukaan bumi [Chrisman97].
 5. SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi.  Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer  yang berfungsi untuk: (a) Akusisi dan verifikasi data, (b) Kompilasi data, (c) Penyimpana  data, (d) perubahan dan updating data, (e) Manajemen dan pertukaran data, (f)  manipulasi data, (g) Pemanggilan dan presentasi data, dan (h) analisa data [Bern92].
6. SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa,  mengintegrasikan dan menganalisa inforamsi-informasi yang berhubungan dengan  permukaan bumi [Demers97].
7. SIG adalah kumpulan yang terorganisisr dari perangkat keras komputer, perangkat  lunak, data geografi dan personil yang dirancang secara efisien untuk memperoleh,  menyimpan, mengupdate, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan semua bentuk  informasi yang bereferensi geografi [Esri90].
8. SIG adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan  mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karalkteristik  fenomena yang ditemukan dilokasi tersebut. SIG yang lengkap mencakup metodologi  dan teknologi yang diperlukan yaitu data spasial, perangkat keras, perangkat lunak dan  struktur organisasi [Gistut94].
9. SIG merupakan informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang  tereferensi secara spasial atau kordinat-kordinat geografi. Dengan kata lain SIG  merupakan basisdata dengan kemampuan-kemampuan khusus untuk data yang  tereferensi secara geografis berikut sekumpulan operasi-operasi yang mengelola data  tersebut [Foote95].
10. SIG adalah teknologi informasi yang dapat menganalisa, menyimpan dan  menampilkan baik data spasial maupun non spasial. SIG mengkombinasikan kekuatan  perangkat lunak basisdata relasional dan paket perangkat lunak CAD [Guo20].
11. SIG adalah suatu fasilitas untuk mempersiapkan, mempresentasikan dan  menginpresentasikan fakta-fakta (kenyataan) yang terdapat dipermukaan bumi(definisi  umum). Untuk definisi yang lebih sempit, SIG adalah konfigurasi perangkat keras dan  perangkat lunak komputer yang secara khusus di rancang untuk proses-proses akusisi,  pengelolaan dan penggunaan data kartografi [Tomlin90].
12. SIG adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang  tereferensi secara spasial atau koordinat geografi. Dengankata lain, SIG merupakan  sistem basisdata dengan kemampuan-kemampuan khusus dalam menangani data yang  tereferensi secara spasial, selain merupakan sekumpulan operasi-operasi yang  dikenakan terhadap data tersebut [Star90]
Salah satu aplikasi SIG yang terkenal adalah ArcGIS keluaran ESRI.

bila pembaca berminat untuk belajar Gis dasar menengah, maupun profesional bisa kontak kami di danangs070@gmail.com

No comments:
Write komentar